Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News Politik

Pj. Bupati Nganjuk Lantik ASN Meninggal dan Pensiun

Pandangan Umum Fraksi DPRD Nganjuk Minta Jawaban Eksekutif

NGANJUK –– Pelantikan Kepala Sekolah beberapa waktu lalu oleh Pj. Bupati Nganjuk Sudjono menyisakan masalah. Lebih dari satu aparatur sipil Negara (ASN) yang sudah meninggal dunia masih dilantik. Temuan adanya pelantikan beberapa ASN yang sudah meninggal dunia  tersebut terungkap saat rapat paripurna DPRD Nganjuk, Selasa, 26 Juni 2018.

Salah satunya Fraksi HNPENAS DPRD Nganjuk, saat pandangan umum fraksi-fraksi terhadap rancangan peraturan daerah Kabupaten Nganjuk tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Nganjuk tahun anggaran 2017 menemukan adanya kejanggalan saat pelantikan ratusan pejabat struktural dan Kepala Sekolah Dasar.

Raditya Haria Yuangga, Ketua Fraksi HN-PENAS dari Partai Hanura (foto-sukadi)

“Lebih dari satu ASN telah meninggal dunia namun namanya masih disebut saat pelantikan,” terang Raditya Haria Yuangga, Ketua Fraksi HNPENAS.

Selain Fraksi HNPENAS, dua fraksi lain, PDI Perjuangan dan Gerindra juga menemukan kejanggalan yang sama adanya ASN yang sudah meninggal namun masih dilantik.

Selain masalah ASN yang telah meninggal dunia dilantik , Fraksi HNPENAS juga menemukan adanya penyimpangan pembangunan RSUD Kertosono, pembangunan taman Kertosono, gedung ambruk, pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah, baik di Kertosono maupun di Nganjuk, dan lain-lain.

Gatut Winarno, SE., MM.Pd, Fraksi Partai NasDem (foto-sukadi)

Pandangan umum juga disampaikan Fraksi Partai NasDem. Gatut Winarno, dalam pandangan umumnya Fraksi Partai NasDem lebih menekankan kepada pengembangan obyek wisata yang ada di Nganjuk. Partai NasDem melihat, hingga sekarang kondisi industry pariwisata di Nganjuk tidak mengalami perkembangan yang signifikan. Sehingga banyak warga Nganjuk sendiri harus ke luar daerah untuk menikmati keindahan obyek wisata. Padahal di Nganjuk sendiri banyak memilki obyek wisata yang menarik untuk dikembangkan.

“Kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan dan mengembangkan potensi wisata di Nganjuk agar lebih baik, dan menjadi tujuan wisata, baik dari Nganjuk sendiri maupun luar Nganjuk,” kata Gatut Winarno.

Demikian halnya, beberapa frkasi lain dalam pandangan umumnya meminta jawaban dari eksekutif terkait permasalahan yang ditemukan selama tahun anggaran 2017.

Disoal ASN meninggal dilantik,  Sekda Nganjuk Agoes Subagyo mewakili Pj. Bupati Nganjuk Soedjono enggan memberikan komentar. Usai mendengarkan pandangan umum fraksi-fraksi, Agoes terlihat sibuk mengumpulkan berkas-berkas yang diterima dari masing-masing fraksi DPRD Nganjuk. Agoes juga meminta seluruh pejabat eksekutif yang diundang mengikuti rapat paripurna, segera merapat di ruang Sekda untuk menindaklanjuti hasil pandangan umum fraksi-fraksi.

“Meski saya mengetahui, biar bapak Pj. Bupati Nganjuk yang menyampaikan. Tunggu saja minggu depan saat memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi,” ujar Agoes ditemui usai rapat paripurna di Kantor DPRD Nganjuk.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *