Berita Utama Entertainment Lintas Daerah News Wisata

Lebaran Sedudo Diserbu Wisatawan

NGANJUK –– Objek wisata air terjun Sedudo, yang berlokasi di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur tetap menjadi tujuan wisata favorit. Kendati hari lebaran telah lewat 5 hari, objek wisata di lereng Gunung Wilis ini tetap banyak dikunjungi wisatawan, baik dari Nganjuk maupun luar daerah. Terlihat, sejak pintu masuk lokasi wisata, antrean panjang mengular menunggu giliran menuju lokasi. Mereka harus dicek satu per satu dengan menunjukkan tiket masuk oleh petugas dari Dinas Pariwisata Olahraga dan Kebudayaan (Disporabud) Nganjuk. Cukup merogok kocek Rp 12 ribu, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan panorama alam air terjun setinggi 110 meter itu.

“Sudah termasuk biaya parkir,” seloroh Yudi, wisatan asal Kota Tangerang, Jawa Barat.

Menurut Yudi, berkunjung ke Sedudo merupakan pengalaman kali pertama. Rasa penasaran atas keindahan Sedudo didapat dari informasi teman-temannya sebelum dia bersama keluarganya berkunjung ke Nganjuk.

“Ini bertepatan dengan acara keluarga di Nganjuk. Sebagai oleh-oleh, kami mengunjungi objek wisata Sedudo yang sudah dikenal seluruh Indonesia ini,” tegasnya.

Kesan pertama yang diterima Yudi, Sedudo memiliki mitos begitu kuat di masyarakat. Selain keindahan air terjunnya, Sedudo dipercaya dapat membuat orang yang mandi di bawah guyuran air dari sumber Gunung Wilis awet muda. Bahkan tidak sedikit, sambil berguyur di bawah air terjun, pengunjung ngalap berkah agar dikabulkan permohonannya.

“Mitosnya begitu kuat, katanya dapat membuat orang awet muda bila mandi di air terjun Sedudo,” ujarnya.

Bagaimana kesan Yudi setelah berkunjung ke Sedudo?

Pria kelahiran Banten ini mengakui, Sedudo merupakan objek wisata menarik untuk dinikmati saat liburan. Selain keindahan air terjun setinggi 110 meter dari dasar, suasana di sekeliling air terjun begitu sejuk. Di sekitarnya juga banyak ditumbuhi pepohonan dan suara binatang hutan. Menurutnya rasa nyaman dan tenang setiba di lokasi. Lebih-lebih, telah dilakukan renovasi pada beberapa infrastruktur. Sehingga menambah keasrian wisata alam Sedudo. Belum lagi, di lokasi telah tersedia aneka makanan tradisonal, yang jarang ditemukan di objek wisata mana pun, seperti nasi jagung lengkap dengan lauk pauknya berupa ikan asin.

“Kuliner nasi jagung terlihat sederhana, tapi unik, tiket masuk murah,fasilitas lengkap,” katanya.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *