Berita Utama Lintas Daerah News

Arus Balik Lebaran Jalur Wilangan Macet

Dipicu Dua Perlintasan KA

NGANJUK –– Kepadatan arus balik mulai terjadi pada lebaran kedua di ruas jalan utama Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Kendaraan mulai menumpuk dari dua arah, Ketosono – menuju Madiun atau sebaliknya.

Kondisi terpadat terjadi mulai pintu keluar tol Wilangan hingga depan Pasar Bagor, Kabupaten Nganjuk. Kendaraan mulai macet beberapa saat dan bergerak lambat.

Menurut Aiptu Istino, anggota Polres Madiun menyampaikan, kemacetan arus balik dipicu, banyak kendaraan yang keluar dari jalur tol operasional Ngawi menuju Wilangan. Karena kendaraan mulai bercampur dengan jenis kendaraan lain, seperti bus dan roda dua yang melintas melalui jalur utama. Lebih-lebih, memasuki wilayah Nganjuk terdapat dua perlintasan kereta api yang melintas setiap 30 menit sekali.

“Sebenarnya kondisi arus balik di wilayah perbatasan Saradan – Wilangan ini tidak ada masalah, tapi setelah di Awar-awar ada perlintasan kereta api, kendaraan ikut macet,” terang Aiptu Istino saat mengatur kendaraan arus balik yang baru saja keluar dari tol operasional Ngawi – Wilangan pada lebaran kedua, Sabtu, 16 Juni 2018.

Begitu juga kondisi arus balik di jalur antara Wilangan dengan Bagor, kondisi kendaraan beberapa kali macet. Ini berbeda pada menjelang lebaran, kendaraan arus mudik banyak melewati jalur tol fungsional Kertosono menuju Wilangan. Sehingga, kendaraan tidak banyak menumpuk pada jalur arteri. Sedangkan saat arus balik, lebaran kedua, kondisi jalur fungsional belum difungsikan sebagai jalur pengurai kemacetan. Kendaraan masih bergerak satu jalur dari arah Timur menuju Barat.

“Dari arah Barat, kendaraan yang melewati jalur tol operasional hanya sampai di pintu keluar di perbatasan Saradan – Wilangan. Terus kendaraan yang dari dua arah sampai di Awar-awar mulai macet,” ujar Ipda  Eko Darianto saat mengatur arus balik di perlintasan Kereta Api, Awar-awar, Kecamatan Wilangan.

Menurut , wijianto, salah pengguna arus balik menyampaikan, kondisi jalan utama mulai dari Ponorogo hingga mendekati pintu keluar tol operasional, kendaraan berjalan lancar. Namun setelah memasuki wilayah Kecamatan Wilangan, mulai macet, dan kendaraan hanya bisa bergerak merambat.

“Baru setelah sampai masuk Wilangan saja yang mulai macet, jalur Madiun aman-aman saja,” ujar Wijianto, pengguna arus balik, hendak menuju Surabaya.

Diperkirakan, kondisi kemacetan arus balik tersebut mulai berkurang setelah jalur tol fungsional Wilangan – Kertosono kembali difungsikan dari arah Barat menuju Timur. Sehingga, kendaraan tidak melewati jalur utama.

Pantauan Anjukzone.com, saat mendekati pintu keluar Wilangan, tampak beberapa aparat kepolisian dari resort Madiun sibuk mengatur kendaraan yang keluar dari tol operasioanal menuju jalan utama Wilangan. Sehingga kendaraan di jalan tol pun, tampak bergerak lambat.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *