Berita Utama Lintas Daerah News

Kapolri Larang Angkutan Lebaran Naikan Harga Tiket

NGAWI –– Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melarang untuk menaikan harga tiket selama musim lebaran tahun ini. Baik angkutan darat, laut, maupun udara. Bagi yang melanggar, pemerintah tidak segan-segan untuk melakukan tindakan hukum.

Penyataan tersebut disampaikan saat mengunjungi rest area jalan tol fungsional Kabupaten Ngawi, dalam rangka safari peninjauan jalur mudik operasi ketupat semeru 2018, Selasa, 12 Juni 2018 pukul 15.00 WIB.

Selama ini, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Kementerian Perhubungan terkait pantauan kenaikan harga tiket untuk semua alat angkutan umum. Baik angkutan darat, laut dan udara.

“Kami sedang berkoordinasi dengan Kemenhub terkait harga tiket jangan sampai naik melonjak semaunya,” terang Tito.

Belum lama, Tito menerima informasi bahwa di daerah Kalimantan Utara ada salah satu maskapai penerbangan yang menaikan harga tiket terlalu tinggi sehingga meresahkan masyarakat. Untuk itu, kami langsung berkoordinasi dengan Menhub daerah setempat agar tidak melakukan kenaikan harga tiket.

“Pokoknya semua maskapai penerbangan agar tidak melakukan kenaikan harga tiket yang tidak wajar, sehingga merugikan masyarakat,” ujar Kapolri.

Kalau sampai terjadi, lanjut Tito, kami tidak segan-segan melakukan tindakan proses hukum maskapai yang telah menaikan harga tiket secara tidak wajar. “Agar diproses hukum, tolong ini dicatat,”  ancam Kapolri untuk maskapai yang nakal.

Hal yang sama, Tito menyampaikan kondisi arus mudik lebaran tahun ini relatif lebih lancar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan nilai angka kecelakaan juga turut menurun hingga 35 persen di seluruh Indonesia.
“Sempat terjadi kecelakaan paling kendaraan sepeda motor karena jatuh sendiri atau kecelakaan tunggal, dan lain-lain,” tukasnya.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *