Berita Utama Lintas Daerah News

Cawagub Puti Kawal Program Jokowi

Rencana Bagikan Sertifikat Perhutanan Sosial

JOMBANG –– Calon Wakil Gubernur Jatim, Puti Guntur Soekarno berkomitmen mendukung sepenuhnya program perhutanan social dari Presiden Jokowi. Pernyataan Puti tersebut disampaikan saat acara blusukan ke lereng Gunung Pucangan, tepatnya di Desa Cupak, Kecamatan Ngusikan, Jombang, Senin, 11 Juni 2018.
Kondisi medan untuk bisa sampai ke lokasi pertemuan terbilang sulit, namun tidak mengurangi semangan cucu mantan Presiden Megawati itu. Puti harus melewati jalan yang terjal membelah hutan jati. Saking sempitnya jalan, jika ada mobil yang berpapasan, salah satu mobil harus mengalah turun dari bahu jalan dan bergantian lewat.
Sesampainya di lokasi acara, tepatnya di Pendapa Agung Gunung Pucangan, Mbak Puti panggilan akrab dari Puti Guntur Soekarno itu sudah ditunggu oleh ratusan warga masyarakat desa hutan.
Mbak Puti menyampaikan komitmennya bersama Calon Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf untuk mendukung program Perhutanan Sosial dari presiden Jokowi. Yakni akan memberikan sertifikat masyarakat hutan, sehingga dapat mengelola lahan hutan. “Hutan-hutan yang gundul bisa subur dan juga mempunyai nilai ekonomis untuk masyarakat,” kata Mbak Puti.
Mbak Puti menambahkan jika Gus Ipul dan dirinya diberi amanah untuk memimpin Jatim, ia berkomitmen untuk mengawal program strategis nasional.
Salah satunya adalah pemberian sertifikat perhutanan sosial ini.
“Harus kita dorong agar masyarakat desa hutan segera punya ijin untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Insyaallah saya dan Gus Ipul akan mempercepatnya karena komitmen kami untuk mengawal Program Strategis Nasional dari Pak Jokowi,” lanjut Mbak Puti.
Selain itu Mbak Puti melihat adanya potensi wisata yang besar di Desa Cupak dengan adanya wisata religi petilasan Dewi Kilisuci, dan Sendang Drajat.
“Kita punya Program Seribu Dewi atau Seribu Desa Wisata yang akan memberikan penguatan kepada Karang Taruna, akan diberikan latihan dan sertifikasi Pokdarwis,” lanjut Cucu Proklamator Indonesia, Ir Soekarno ini.
Adanya kerajinan tangan dari warga sekitar berupa anyaman tikar dan kriya yang lain, juga bisa dikembangkan dengan bantuan akses permodalan, riset pasar, packaging, hingga pemasaran.
Dalam kesempatan tersebut Mbak Puti yang ditemani Calon Bupati Jombang, Syafiin juga berharap agar nantinya Pemkab Jombang bisa bersinergi untuk bersama-sama mendorong pariwisata terutama dari pembangunan infrastruktur.
“Karena tadi saya lewat kok jalannya susah sekali, saking lamanya saya sampe tertidur,” kata Mbak Puti
Mendengar hal tersebut, Gus Syaf, sapaan akrab Syafiin pun setuju dengan program tersebut.
“Saya juga punya program Budaya Lokal Mbak Puti, yaitu untuk mengangkat potensi wisata dan budaya yang ada di Jombang ini. Dan itu akan menjadi prioritas di 100 hari kerja saya,” ujarnya.
“Hidup Mbak Puti.. Hidup Gus Syaf,” teriak salah seorang warga.
“Jangan lupa ya bu.. pak.. tanggal 27 Juni nanti nomor 2 untuk Jatim, nomor 3 untuk Jombang,” kata Mbak Puti.

Reporter: Sukadi

Editor: Nidya P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *