Berita Utama Lintas Daerah News

Curigai Semua Sopir Bus Pengguna Narkoba

Polres dan BNNK Nganjuk Deteksi Urine

NGANJUK –– Untuk  menciptakan kondisi penumpang bus angkutan umum agar aman dan nyaman, Satlantas Polres Nganjuk bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk, Dinas Perhubungan dan Kodim 0810 Nganjuk melakukan tes urine terhadap semua sopir bus yang berhenti di Terminal Anjukladang Nganjuk, menjelang lebaran tahun 2018.

Puluhan sopir bus antar kota maupun provinsi menjalani tes urine. Puluhan sopir langsung dibawa ke pos pemeriksaan urine, setelah terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan dan data pribadi. Satu per satu sopir bus menerima toples kecil yang sudah disiapkan oleh BNNK Nganjuk.

Kasatlantas Polres Nganjuk, AKP Aim Rido menyampaikan, tidak ada pengecualian terhadap sopir bus yang berhenti di Terminal Anjuladang untuk dites urinenya. Mereka harus menjalani pemeriksaan tes urine untuk memastikan bebas dari penggunaaan narkoba dan obat-obatan terlarang.

Menurut Rido, penggunaan narkoba sangat membahayakan penumpang dan dirinya sendiri saat berkendaraan. Untuk itu, tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas bagi sopir diketahui positif mengonsumsi narkoba. Ini sebagai langkah preventif agar tidak terjadi kecelakaan di jalan.

“Selama pemeriksaan terhadap puluhan sopir bus, hasilnya ada satu sopir yang terindikasi positif mengonsumsi narkoba. Hanya, dia bukan sebagai pengguna tapi pengaruh obat sakit gigi, selebihnya dinyatakan negatif,” ujar Rido.

Selama menunggu sopir diperiksa urine, sejumlah polisi wanita memberikan sosialisasi kepada penumpang bus agar berhati-hati dalam perjalanan. Apabila mengetahui sopir yang membawanya ugal-ugalan untuk tidak segan-segan mengor atau melaporkan kepada pihak berwajib.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *