Berita Utama

Tol Nganjuk Fungsional Polisi Target Maksimal 40 Km/Jam

NGANJUK –– Ruas tol fungsional di Kabupaten Nganjuk jawa timur,  mulai Sabtu pagi sudah dapat difungsikan. Ruas tol difungsikan dari arah Surabaya menuju Madiun. Pemudik yang melintas diminta untuk waspada dan memacu kendaraannya dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam. Ruas tol fungsional sepanjang 38 km lebih di Kabupaten Nganjuk, pemudik yang melintasi masuk melalui exit tol Bandar Kedungmulyo yang berada di Kabupaten Jombang Jawa Timur.

AKP Amrido, Kasat Lantas Polres Nganjuk meminta, pemudik yang melintasi tol fungsional untuk tidak memacu kendaraannya. Kecepatan maksimal hanya 40 km per jam. Hal ini karena, sepanjang ruas tol fungsional ada  beberapa ruas jalan dengan beda ketinggian, mencapai 25 centimeter.

“Di sepanjang jalur tol fungsional ada 10 titik ruas perlintasan antara tol dengan jalur desa yang masih digunakan. Untuk menjaga keamanan di setiap perlintasan, telah disiapkan beberapa petugas yang disiagakan,” terang Kasatlantas saat mengecek kesiapan hari pertama jalan tol Surabaya – Madiun melewati Nganjuk, Sabtu, 09 Juni 2018.

 

Tol fungsional hanya digunakan untuk kemdaraan roda empat pemudik, sementara kemdaraan jenis lain dilarang, termasuk bus. Di hari pertama pembukaan tol fungsional petugas sempat memperingatkan sebuah bus pariwisata yang nekat masuk, di jalur tol fungsional.

“Tol fungsional hanya digunakan untuk siang hari.Sedangkan pada malam hari, semua pemudik akan diarahkan melalui jalur arteri,” tegasnya.

Pada hari pertama penggunaan tol fungsional, diperkirakan sebanyak 250 kendaraan roda empat yang melintas tiap jam.Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi peningkatan pada Sabtu malam dan hari Minggu esok.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar N.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *