Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News

Dirlantas Polda Jatim Cek Kesiapan Arus Mudik Lebaran

Ruas Tol Kertosono – Wilangan Dibuka Jalur Fungsional H-10 Lebaran

NGANJUK –– Menjelang mudik lebaran 2018, Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Heri Wahono melakukan pengecekan jalur tol fungsional di ruas Kertosono – Wilangan (Ker-Wil) Kabupaten Nganjuk, Rabu, 30 Mei 2018.

Setibanya di ruas tol Patianrowo, Kabupaten Nganjuk, Dirlantas beserta rombongan mendengarkan paparan progres tol dari perwakilan pejabat pembuat komitmen (PPK) tol Ker-Wil. “Ruas tol Kertosono – Wilangan sudah siap dibuka sebagai jalur fungsional sejak H-10 lebaran,” terang Kombes Pol Heri Wahono saat mengecek kesiapan arus mudik lebaran.

Menurut Kombes Pol Heri Wahono, untuk di Jawa Timur, tol fungsional yang akan dibuka saat mudik dan balik lebaran ada dua ruas. Yakni di ruas tol Mantingan hingga Ngawi sepanjang 42 kilometer, serta ruas tol Ker-Wil sepanjang 38 kilometer. Sehingga ruas jalan tol mulai Mantingan hingga Surabaya sudah bisa dilalui pemudik.

Saat mudik, tol fungsional hanya digunakan satu jalur dari arah Timur menuju Barat. Sedangkan saat arus balik, khusus untuk pengguna tol fungsional hanya dibuka dari arah Barat ke Timur. Selain itu, tol fungsional hanya dibuka pukul 06:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

“Sehingga pada malam hari tol fungsional akan ditutup,” tegasnya.

Dua ruas tol tersebut berlaku fungsional karena sejumlah jembatan belum tersambung, Serta pengecoran ruas jalan belum tuntas. Dengan diberlakukannya dua ruas tol fungsional saat mudik dan balik lebaran ini, maka pemudik sudah bisa melewati jalan tol mulai dari Mantingan hingga Surabaya. Meski jalur tol yang dilewati terdiri dari fungsional dan operasional.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *