Berita Utama Birokrasi Lintas Daerah News

Bupatinya Ditahan KPK, Nganjuk Terima Predikat WTP

NGANJUK –– Kendati Bupati Nganjuk non-aktif Taufiqurrahman telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi, namun di tahun anggaran 2017, Kabupaten Nganjuk berhasil menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Predikat dalam bidang Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Nganjuk 2017 ini diterima oleh Pj. Bupati Nganjuk Drs. Sudjono bersama Ketua DPRD Nganjuk, Drs. Puji Santoso di ruang Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Jawa Timur, Kamis, 31 Mei 2018.

Ayub Amali, Plt Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur berharap tujuan pemeriksaan LKPD bisa menjadi media penilaian terhadap kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan oleh kepada kepala daerah yang berkomitmen mendukung penyelenggaraan keuangan dengan baik.

Sedikitnya, ada empat kriteria yang dilakukan BPK dalam poses pemeriksaan, diantaranya, laporan keuangan sesuai standar akuntasi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

“Laporan Keuangan Pemerintah Daerah berbasis aktual diharapkan dapat menciptakan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah, sehingga tata kelola keuangan menjadi lebih akuntabel,” harap Ayub dalam sambutannya.

(sumber: Humas Protokol Pemkab Nganjuk/edp/yi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *