Berita Utama Birokrasi News

Pangdam V/Brawijaya Apresiasi Program Non-fisik TMMD

Memberdayakan Masyarakat Tingkatkan Kesejahteraan dan Siapkan Ruang Juang Tangguh

NGANJUK– Tidak sia-sia program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 tahun 2018 yang dipusatkan di wilayah Kecamatan Ngluyu. Pangdam V/Brawijaya Mayjen Arif Rahman sangat mengapresiasi program yang dipilih oleh Kodim 0810/Nganjuk untuk mensejahterakan warga Desa Lengkonglor, wilayah setempat. Pangdam tidak hanya salut adanya program jalan tembus sepanjang 5,52 kilometer dengan lebar 5 meter, menembus hutan menjadi jalan aspal lapen mulus, namun tidak kalah pentingnya program non-fisik yang banyak diterapkan bagi warga masyarakat pinggiran tersebut.

“Sejauh ini, semuanya sudah terselesaikan dengan baik. Disamping pembangunan fisik, Satgas TMMD 101 juga melakukan kegiatan non fisik yang meliputi pemberdayaan masyarakat. Dan itu, tidak kalah penting. Apalagi, kegiatan itu di luar program yang dilakukan oleh para Satgas,” ungkap Mayejen Arif Rahman dalam upacara penutupan TMMD di lapangan Ngluyu, Kamis, 03 Mei 2018.

Program itu digencarkan guna membantu pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang, dan kondisi juang yang tangguh.

“Selanjutnya, pada kesempatan yang baik ini TNI juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat bahwa TNI sebagai institusi yang dipercaya oleh rakyat.” lanjut Pangdam.

Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Arh. Sri Rusyono menyampaikan, program TMMD yang dipilih menembus jalan hutan menjadi jalan beraspal lapen bagi Warga Desa Lengkonglor  menuju Losari, sengaja mensinergikan dengan program-progran non-fisik. Pasalnya, kedua program tersebut harus berjalan bersama-sama. Masyarakat memiliki akses jalan yang baik, juga memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang baik pula. Sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya masing-masing.

Sekadar diketahui, selama program TMMD di Desa Lengkonglor, Kodim 0810/Nganjuk sengaja menjalin kerjasama dengan sejumlah organisasi pemerintah daerah (OPD) Nganjuk. Mereka membantu warga masyarakat Ngluyu mengembangkan potensi beberapa bidang. Seperti bidang pertanian, kewirausahaan, pendidikan, pelatihan, budidaya ikan, kebudayaan, wisata, hingga persoalan psikologis warga tak lupt dari jangkauan. Semua dilakukan semata-mata guna memantapkan program TMMD, baik bidang fisik maupun non-fisik.

Reporter: Sukadi

Editor: Nidya P.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *