Berita Utama Birokrasi Nasional News

Pangdam V/Brawijaya: TMMD Wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Pertahankan Kedaulatan dan Mengawal NKRI

NGANJUK– Selama 30 hari, pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 dilaksanakan di Jawa Timur. Keberhasilan Satgas TMMD, khususnya Kodam V/Brawijaya ditandai adanya beberapa pembangunan di lokasi TMMD.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen Arif Rahman mengatakan, tingkat kepercayaan publik kepada TNI kian meningkat termasuk kesuksesan pelaksanaan program TMMD di beberapa wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia saat ini.

Atas nama semua prajurit TNI, pihaknya mengapresiasi seluruh masyarakat Indonesia, sehingga pelaksanaan TMMD ke-101 berjalan lancar.

“Sekaligus permohonan maaf apabila ada hal-hal yang belum memuaskan masyarakat,” jelas Mayjen Arif Rahman saat upacara penutupan TMMD di lapangan Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Kamis, 03 Mei 2018,

Dikatakan Pangdam, tingginya kepercayaan rakyat kepada TNI, indikasi kedekatan kemanunggalan TNI dan rakyat semakin baik. Terutama, TNI-AD hal ini sebagai modal utama pembangunan inti, kekuatan pertahanan negara yang bersifat semesta.

Itu semua, kata Pangdam, sesuai dengan slogan TNI yang selama ini disampaikan. Dikatakan, bukanlah sebuah rangkaian kata-kata supaya manis di dengar saja. Melainkan, karena TNI sangat menyadari dahsyatnya kekuatan kebersamaan dalam mempertahankan kedaulatan dan mengawal eksistensi NKRI. “Oleh karenanya, sebagai bagian dari sistem nasional, TNI AD terus berusaha mengambil bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai kekuatan pertahanan,” tegas Mayjen TNI Arif Rahman.

Tak hanya itu, Pangdam menilai terdapat beberapa hal yang patut diapresiasi selama berlangsungya program TMMD di kabupaten Nganjuk. “Sejauh ini, semuanya sudah terselesaikan dengan baik. Disamping pembangunan fisik, Satgas TMMD 101 juga melakukan kegiatan non fisik yang meliputi pemberdayaan masyarakat. Dan itu, tidak kalah penting. Apalagi, kegiatan itu di luar program yang dilakukan oleh para Satgas,” ungkapnya.

Program itu digencarkan guna membantu pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang, dan kondisi juang yang tangguh.

“Selanjutnya, pada kesempatan yang baik ini TNI juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat bahwa TNI sebagai institusi yang dipercaya oleh rakyat.” lanjut Pangdam.

Selain dihadiri Pangdam V/Brawijaya, upacara penutupan TMMD di Jawa Timur saat ini, juga dihadiri beberapa pejabat Kodam V/Brawijaya, Danrem 081 seluruh Komandan Satuan di jajaran Korem 081/CPYJ dan Forpimda Kabupaten Nganjuk.

Reporter: Sukadi

Editor: Yuniar P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *