Berita Berita Utama Birokrasi Edukasi News

Gladi Bersih Drama Kolosal Jelang Tampil di Penutupan TMMD

Angkat Tema Penanaman Kembali Nilai-nilai Budaya dan Pemantapan Wawasan Kebangsaan

NGANJUK– Sehari menjelang penutupaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 tahun 2018 yang akan dilangsungkan Kamis, 03 April 2018, Kodim 0810/Nganjuk melakukan gladi bersih pertunjukkan drama kolosal. Gladi bersih dilakukan di Lapangan Ngluyu, tempat upacara penutupan.

Tampak para pemain drama kolosal yang terdiri dari para pelajar di Nganjuk memperagakan adegan masing-masing. Mulai dari awal adegan hingga akhir pertunjukkan, baik tokoh utama maupun figuran menjalankan dengan sungguh-sungguh. Mereka juga membawa property yang hendak digunakan esuk hari, untuk pertunjukkan sesungguhnya.

Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Arh. Sri Rusyono menyampaikan, pertunjukkan drama kolosal yang akan dipertontonkan pada upacara penutupan TMMD mengambil tema tentang penanaman kembali nilai-nilai budaya dan pemantapan wawasan kebangsaan. Alasannya, wawasan kebangsaa bagi generasi muda dirasa telah mengalami degradasi. Sehingga, banyak ditemukan munculnya perilaku menyimpang pada diri pelajar dan generasi muda yang mengarah kepada instabilitas nasional.

Gladi bersih memperagakan permainan dolanan anak-anak tempoe doeloe (foto-zal)

Salah satu indikator munculnya perbuatan menyimpang tersebut, lantaran tingkat pemahaman terhadap wawasan kebangsaan menipis. Diantaranya terhadap nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika,  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Untuk itu, tujuan pertunjukkan drama kolosal mengangkat tema wawasan kebangsaan ini agar para generasi muda terutama pelajar tidak mudah terkontaminasi oleh pengaruh paham-paham radikal atau organisasi terlarang lainnya,” jelas Lettu Arh. Yono Periyono, Rabu, 02 April 2018 di lokasi gladi bersih, lapangan Ngluyu.

Gladi bersih sendiri menurut Dandim, guna memantapkan latihan agar selama pertunjukkan yang sesungguhnya berhasil dengan baik.

Reporter : Sukadi

Editor: Yuniar N.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *