Berita Utama Bisnis Ekonomi UMKM

Berbondong Warga Lengkonglor Buru Bonggol Jati

Manfaatkan sebagai Bahan Meubel Gembol

NGANJUK– Setelah selesai pekerjaan pembangunan jalan tembus dari Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu menuju Desa Losari, Kecamatan Gondang, warga setempat berbondong-bondong mencari bonggol kayu jati yang tersisa di sepanjang jalan tembus. Bonggol kayu jati bekas pohon yang tumbang terkena alat berat tersebut, tergeletak di kanan-kiri bahu jalan yang baru saja selesai diaspal. Oleh warga, lantas diambil untuk dijual sebagai bahan pembuatan kerajinan meja atau kursi gembol.

Lucky Cristanto, (22) warga setempat memanfaatkan tonggak kayu jati sudah puluhan tahun. Biasanya, pemuda yang sehari-hari merajin bonggol jati menjadi perabot rumah tangga ini sengaja mengambil bonggol bekas pohon-pohon dari tengah hutan. Hanya kali ini, karena di sepanjang jalan tembus, sekitar 5,2 kilometer tersebut, batang pohon yang melintang dirobohkan dengan alat berat, tonggaknya bisa diambil.

“Bonggol-bonggol ini sudah tidak terpakai, tapi masih bisa dimanfaatkan untuk kerajinan atau dijual kepada perusahaan meubel di desa,” terang Lucky di temuai saat mengambil bonggol kayu jati di sekitar jalan tembus, Selasa, 01 April 2018.

Dengan menggunakan kendaraan sepeda motor, tonggak diangkut menuju pulang. Seperti dilakukan oleh teman-teman lainnya, mereka juga sama-sama ikut mengambil bonggol kayu jati yang masih bagus untuk dijual.

“Sebagai pekerjaan sampingan, kalau pas tidak kerjaan di sawah pemuda sini banyak yang cari tonggak untuk dijual atau dibentuk sendiri, baru hasilnya disetor ke perusahaan,” tegasnya.

Sekadar diketahui, memang di sepanjang jalan tembus yang baru saja selesai dikerjakan  dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0810/Nganjuk tersebut banyak menyisakan tonggak kayu jati. Bahkan ukuran cukup besar dan umurnya sudah tua. Oleh warga setempat, tonggak-tonggak tersebut biasanya dibelah-belah untuk kayu bakar. Namun oleh pemuda setempat, tonggak yang berkualitas bagus dijadikan perabot, berupa meja atau kursi gembol.

Reporter : Sukadi

Editor: Nidya P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *