Berita Utama Budaya Entertainment Nasional News Wisata

Kuliner Becek Jadi Tranding Topic Warganet Bukan Sedudo

NGANJUK –– Siapa sangka, wisata kuliner ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Salah satunya, wisata kuliner Nasi Becek asal Kabupaten Nganjuk, daya tariknya dapat mengimbangi obyek wisata unggulan Air Terjun Sedudo.

Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepanji menyampaikan, untuk mengangkat potensi wisata suatu daerah tidak terlepas dari wisata kuliner khas, yang tidak dimiliki daerah lain. Seperti di Kabupaten Nganjuk, bila menginginkan daerahnya dikenal oleh wisatawan, baik domestik maupun manca, harus mengembangkan wisata kuliner yang memiliki daya pikat yang kuat. Dicontohkan, wisata kuliner Nasi Becek yang berada di Jalan A. Yani Nganjuk, menurut Hendardji Soepandji sudah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi wisata kuliner unggulan di Kabupaten Nganjuk.

Ketum KSBN Hendardji Soepandji bersama Ketua KSBN Nganjuk Bambang Eko Suharto menikmati kuliner Nasi Becek di Jalan A. Yani Nganjuk (foto-bayu)

“Untuk membandingkan Kota Nganjuk secara nasional, saran saya perlu dilakukan festival kuliner Becek, dilaksanakan menjelang HUT Kabupaten Nganjuk atau HUT Proklamasi tahun 2019 mendatang,” ujar Ketua KSBN Pusat yang juga Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Indonesia Amerika (LIA) periode 2014 – 2019.

Masalahnya, lanjut Hendardji, bila tidak mendapat perhatian melalui festival atau jenis pencitraan lain, terasa sulit untuk mem-branding kuliner Becek Nganjuk berskala nasional.

Kuliner Nasi Becek khas Nganjuk (foto-bayu)

Sekadar informasi, usai melantik dan mengukuhkan pengurus KSBN Kabupaten Nganjuk periode 2019 – 2013, Ketua Umum KSBN Hendardji Soepandji menyempatkan berkunjung ke sejumlah obyak wisata unggulan di Nganjuk. Diantaranya, Air Terjun Sedudo di Kecamatan Sawahan, desa wisata Kweden di kecamatan Ngetos, Candilor di Kecamatan Loceret, dan kuliner Nasi Becek di Jalan A. Yani Nganjuk. Hanya, menurut tanggapan warganet dari perjalanan Ketua Umum KSBN yang juga mantan Calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 lalu itu, ternyata kuliner Nasi Becek yang menjadi tranding topic, bukan Air Terjun Sedudo. Bahkan, warganet dibuat penasaran penampilan Nasi Becek, makanan khas Nganjuk berbahan dasar daging kambing tersebut.

“Diantara yang saya kunjungi kemarin, yang jadi tanding topic bukan Air Terjun Sedudo, justru Nasi Becek,” tukasnya.

Reporter: Sukadi

Editor: Nidya P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *