Berita Utama Birokrasi News

Cegah Longsor, Satgas TMMD Perkuat Tanaman Keras

NGANJUK– Mencegah terjadinya longsong, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 tahun 2018 Kodim 0810/Nganjuk bekerjasama dengan dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Nganjuk mengadakan penghijaun. Sedikitnya ada 40 batang pohon dari berbagai jenis ditanam di sisi kanan-kiri bahu jalan tembus Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu menuju Desa Losari, kecamatan Gondang, Sabtu, 28 April 2018.

Ir. Sudarsih, Kabid Tanaman dan Pencemaran Lingkungan Dinas LH Kabupaten Nganjuk menyampaikan, puluhan batang pohon tanaman keras tersebut ditanam di lokasi yang rawan terjadi longsor. Diantaranya, jenis tanaman Trembesi, Sono, Tabebuya, Mahoni, Sepathudiya, dan Nindi.

“Untuk mencegah agar badan jalan yang baru dibangun ini tidak mudah longsor bila hujan,” terang Sudarsih ditemui di lokasi penghijauan.

Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Arh. Sri Rusyono melalui Lettu Arh Yono Periyo Pasiter Kodim 0810/Nganjuk menyampaikan, pembangunan jalan tembus sepanjang 5,225 kilometer dengan lebar 5 meter itu membutuhkan pengaman bahu jalan. Karena, kondisi jalan yang baru saja dibangun, kondisi tanah di sekitarnya masih labil, sehingga dibutuhkan penguat berupa tanaman keras yang memiliki akar kuat.

“Kita pilih batang pohon yang memiliki akar yang kuat untuk menahan tanah,” tegas Lettu Arh Yono Periyo didampingi Kapten Inf Suwanto Dan SSK Satgas TMMD beserta anggota.

Reporter: Sukadi

Editor: Nidya P.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *