Berita Utama Budaya Entertainment Nasional Wisata

Pertama di Jawa Timur KSBN Nganjuk Dikukuhkan

Gedung Balai Budaya Pu Sindok Bakal Jadi Sentra Seni dan Budaya

NGANJUK –– Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Mayjen TNI (Purn) Drs. Hendardji Soepandji melantik dan mengukuhkan pengurus KSBN Kabupaten Nganjuk periode 2018 – 2013 di pendapa kabupaten, Minggu, 29 April 2018.

Hadir dalam acara pagi itu, Sekjen KSBN beserta beberapa pengurus KSBN pusat, Plh. Bupati Nganjuk Agoes Soebagjo, mantan Bupati Nganjuk Soetrisno R, serta ratusan pelaku seni dan budaya se-Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya, Hendardji Soepandji menyampaikan, KSBN sebagai upaya meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui perlindungan, pengembangan, pemanfatan, dan pembinaan kebudayaan.

Ketua Umum KSBN Mayjen TNI (Purn) Drs. Hendardji Soepandji, SH dan Ketua KSBN Nganjuk Dr. Bambang Eko Suharto menanda tangani berita acara pelantikan pengurus KSBN Nganjuk di pandapa kabupaten (foto-yun)

Termasuk KSBN Kabupaten Nganjuk, selanjutnya berupaya menjaga keberlanjutan kebudayaan yang dilakukan dengan inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, penyelamatan, dan publikasi. Diantaranya, berupaya menghidupkan ekosistem kebudayaan serta meningkatkan, memperkaya, dan menyebarluaskan kebudayaan budaya local, seperti yang ada di Nganjuk.

“Bila semua sudah berjalan, semua objek pemajuan kebudayaan dapat didayagunakan guna memperkuat ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam mewujudkan ketahanan nasional,” terang Hendardji Soepandji.

Hendardji Soepandji juga mengapresiasi terbentuknya KSBN Nganjuk, sebagai satu-satunya daerah di provinsi Jawa Timur telah dikukuhkan. Diharapkan, berawal dari KSBN Nganjuk dapat menginspirasi Provinsi Jawa Timur agar segera membentuk pengurus KSBN dan diikuti daerah-daerah lain.

Dr. Bambang Eko Suharto, Ketua KSBN Kabupaten Nganjuk (foto-yun)

“Mudah-mudahan, diawali dari KSBN Kabupaten Nganjuk ini, pengurus KSBN Provinsi Jawa Timur segera menyusul dan diikuti oleh daerah-daerah lain,” tegasnya.

Kesempatan yang sama, Ketua KSBN Kabupaten Nganjuk, Bambang Eko Suharto menyampaikan, setelah dilantik KSBN segera mengajukan fasilitas kepada Pemerintah Daerah Nganjuk berupa gedung. Sedang yang menjadi incaran KSBN Kabupaten Nganjuk adalah Gedung Balai Budaya Pu Sindok di Jalan Diponegoro. Di gedung ini, KSBN telah merencanakan berbagai kegiatan seni dan budaya bagi warga Nganjuk, diantaranya karaoke Jawa.

“Nganjuk ini khan gudangnya seni Jawa, seperti tayub akan kita garap menjadi seni yang bermartabat,” katanya.

Selain itu, KSBN Kabupaten Nganjuk segera menggali potensi seni dan budaya yang ada di Nganjuk, termasuk wayang kulit, jaranan, tayub, dan lain-lain bersinergi dengan Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Nganjuk.

Reporter: Sukadi

Editor: Nidya Pratiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *