Berita Utama Birokrasi Budaya Entertainment Nasional News Wisata

Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji Apresiasi Tradisi Nyadran Lengkonglor

Tradisi Warisan Nenek Moyang Bernilai Wisata Basis Budaya

NGANJUK– Tradisi sedekah bumi yang diselenggarakan oleh warga Dusun Sumberayu, Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur diikuti Satgas TMMD Kodim/Nganjuk mendapat apresisiasi positif dari Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Pusat Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji. Ini setelah membaca posting-an berita berjudul, “Puncak Nyadran Lengkonglor Dipusatkan di Gunung Panjalu. Ratusan Warga Mengular Bawa Tumpeng Lewati Jalan Setapak Menanjak,” Jumat, 27 April 2018.

Mantan Calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 lalu itu menyampaikan, tradisi sedekah bumi yang setiap tahun diperingati oleh masyarakat Lereng Pegunungan Kendeng Utara itu merupakan acara tradisi yang turun temurun juga dilakukan oleh nenek moyang kita. Untuk itu, keberadaannya perlu terus dilestarikan. Lantaran, manusia hidup tidak terlepas dari alam. Maka manusia juga harus menghormati alam sebagai bagian dari hidup dan kehidupannya.

Warga Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu, Nganjuk melakukan tradisi sedekah bumi di Makam Eyang Sinari Gunung Panjalu (foto-zal)

“Saling menyayangi dan mencintai antara manusia dengan alam itu harus terus diwujudkan, karena keduanya saling menunjang,” ujar Ketua KSBN Pusat yang juga Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Indonesia Amerika (LIA) periode 2014 – 2019.

Sebelumnya, Hendardji juga mengapresiasi dua berita bertema serupa berjudul,” Sedekah Bumi Warga Tumpengan di Empat Tempat Keramat,” dan “Satgas TMMD Jelajah Rute Gunung Panjalu,” Kamis, 26 April 2018.

“Ini (sedekah bumi,Red) merupakan salah satu unsur budaya yang perlu terus dilestarikan dan bisa menjadi salah satu obyek wisata yang berbasis budaya,” komentar Hendardji lewat WhatsApp-nya.

Dikabarkan, Ketua Umum KSBN Pusat Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji akan melantik pengurus KSBN Nganjuk yang diikuti seniman dan budayawan Nganjuk di pendapa kabupaten, Minggu, 29 April 2018, pukul 08.00 WIB.

Reporter: Sukadi

Editor: Nidya Pratiwi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *