Berita Berita Utama Birokrasi Edukasi News

Hadapi UN Siswa SMPN 1 Ngluyu Dihipnotis Tentara

Bangkitkan Percaya Diri Tidak Takut Gagal Ujian

NGANJUK– Menghadapi Ujian Nasional (UN) para siswa SMPN 1 Ngluyu,  Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur melakukan ralaxasi. Kegiatan tersebut untuk menghindari ketegangan dan stress diri siswa karena takut tidak lulus ujian. Dipandu Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 tahun 2018, Pelda Suparlan, siswa kelas IX dihipnotis agar bisa memusatkan pikirannya, di lapangan basket SMPN 1 Ngluyu, Kamis, 19 April 2018.

Motivator, Pelda Suparlan menyampaikan, metode hipnoterapi sangat bagus untuk membantu siswa dalam memusatkan pikirannya sebelum menghadapi ujian nasional. Lantaran, siswa bisa lebih tenang, percaya diri, dan bersemangat.

“Hipnoterapi itu untuk membantu konsentrasi siswa dalam belajar agar nilai yang didapat saat ujian lebih bagus,” terangnya.

Silviana, salah satu siswi kelas IX mengaku tertarik mengikuti kegiatan pengembangan motivasi yang dibimbing oleh seorang motivator dari anggota Satgas TMMD Kodim 0810/Nganjuk. Karena metode yang diterapkan menarik dan menyenangkan.

Menghadapi Ujian Nasional (UN) para siswa SMPN 1 Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur melakukan ralaxasi. Kegiatan tersebut untuk menghindari ketegangan dan stress diri siswa karena takut tidak lulus ujian (foto-zal)

“Kami diberi motivasi bahwa ujian nasional itu bukan sesuatu yang harus ditakuti, tapi harus dijalani dengan rasa senang. Karena kami sudah belajar maksimal, jangan dibebani pikiran takut tidak lulus atau mendapat nilai jelek,” kata Silviana.

Apalagi, metode hipnoterapi yang diterapkan bukan untuk orang dewasa, melainkan disesuaikan untuk kebutuhan anak-anak SMP. Sehingga selama kegiatan banyak permainan dan humor. Siswa diajari relaxasi, untuk meregangkan otot-otot dan beban pikiran, serta cara fokus belajar menghadapi soal ujian.

“Hasilnya, setelah mengikuti permainan, seakan semua beban pikiran jadi ringan dan lebih percaya diri,” tegasnya.

Reporter : Sukadi

Editor: Nidya Pratiwi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *