Berita Utama Nasional News Politik

Jelang Pilpres Ibunda Jokowi Nyekar Makam Bung Karno

BLITAR– Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo berziarah ke makam Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Sabtu, 14 April 2018  kemarin.
Kedatangan rombongan Ibunda Jokowi ke Blitar diakui sengaja ingin datang ke Makam Bung Karno di Kota Blitar tersebut dengan rombongan keluarga. “Ini sekaligus mengisi liburan panjang dan juga ingin datang ke Blitar untuk ziarah ke Makam Bung Karno,” katanya.
Sedangkan disinggung terkait dengan mendoakan putranya, Jokowi yang akan kembali ikut di Pemilihan Umum (Pemillu) Presiden pada tahun 2019 mendatang , Ibu Jokowi Sudjiatmi mengatakan setiap hari sudah didoakan yang terbaik dan tidak harus di makam ini, karena dirinya bersama keluarga hanya kegiatan santai dan liburan saja.
“Kalau untuk anak setiap hari saya terus menerus untuk mendoakan,” ujarnya.
Sementara perlu diketahui rombongan Ibunda Presiden Jokowi yang datang pada hari Sabtu siang langsung menuju areal Makam Bung Karno, di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar. Setelah tiba, rombongan awalnya menuju ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Kota Blitar, yang lokasinya juga di areal makam.
Kedatangan rombongan juga disambut oleh para pejabat Pemkot Blitar, termasuk Wali Kota Blitar, Muh. Samanhudi Anwar, Komandan Kodim 0808/Blitar, Letkol Inf Kris Bianto, Kapolres Kota Blitar AKBP Adewira Negara Siregar, dan sejumlah pejabat lainnya.
Di Perpustakaan tersebut rombongan sempat melihat pemutaran film dokumenter pembangunan perpustakaan, dimana di dalam perpustakaan itu banyak koleksi buku, termasuk yang menceritakan tentang Bung Karno, dan setelah selesai meninjau perpustakaan, rombongan lalu ziarah ke makam Bung Karno. Lokasi perpustakaan tersebut, masih satu area di makam Bung Karno, sehingga rombongan tidak terlalu berjalan jauh.
Di Makam Bung Karno, Ibunda Presiden dan rombongan dengan khusyuk berdoa yang dipimpin pemuka agama setempat dan setelahnya ibunda Presiden dan rombongan melakukan tabur bunga, dan selesai ziarah, rombongan lalu meninggalkan lokasi untuk istirahat di salah satu hotel wilayah Kota Blitar.
Rencananya, rombongan istirahat semalam, lalu keesokan harinya kembali berkunjung ke sejumlah lokasi, misalnya di tempat wisata Kampung Coklat, di Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, serta Istana Gebang, yang merupakan rumah masa kecil Bung Karno di Kota Blitar. Rombongan setelahnya istirahat sekaligus makan siang, dan akan kembali melanjutkan perjalanan pulang ke Solo.
Bahkan kunjungan Ibunda Presiden tersebut juga mendapatkan kawalan yang ketat dari Kepolisian Resor Kota Blitar. Ada 315 anggota kepolisian yang berjaga. Jumlah itu masih ditambah dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar, Dinas Perhubungan Kota Blitar, serta dari Kodim 0808 Blitar. Untuk Polri, pola pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Mereka ada yang mengenakan baju resmi serta pakain preman.

Reporter : Sukadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *