Berita Berita Utama Birokrasi Edukasi News

TMMD 2018 Kodim 0810/Nganjuk: Ayoooo… Gemar Makan Ikan…!

Ciptakan SDM Berkualitas dan Handal

NGANJUK– Guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan handal, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 Kodim 0810/Nganjuk mengadakan gerakan gemar makan ikan (Gemarikan) bagi siswa PAUD dan TK Desa Sugiwaras II, Gampeng I, Gampeng II, Kecamatan Ngluyu. Kegiatan TMMD yang dipusatkan di Desa Lengkonglor tersebut menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk sebagai pelopor sosialisasi Gemarikan di Halaman Kantor Kecamatan Ngluyu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk, Sutjahyono mengatakan, tujuan melaksanakan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan. “Gemar makan ikan merupakan program pemerintah dengan mengajak berbagai pihak, untuk meningkatkan dan menggalang kesadaran masyarakat tentang pentingnya makan ikan dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan handal,” ungkap Sutjahyono, Rabu, 18 April 2018.

Di sela-sela sosialisasi Gemarikan, prajurit TNI memberikan kuias kepada siswa PAUD dan TK (foto-zal)

Menurutnya, mengingat pentingnya ikan bagi perkembangan kecerdasan otak dan kemampuan berpikir bayi anak-anak dan remaja serta manfaat protein bagi perkembangan mental, maka kebiasaan makan makan ikan harus dilestarikan setiap generasi. “Jika tidak, kita akan dibayangi terjadinya lose generation, maka dari itu  perlu diupayakan antisipasinya,” tegasnya.

Menurutnya, perlunya makan ikan karena pada ikan terdapat kandungan nilai gizi yang sangat tinggi dan lengkap. Baik protein, mineral, vitamin, dan lemak dengan asam lemak tidak jenuh.

“Kandungan protein ikan sangat tinggi, lebih lengkap dibanding protein hewani lainnya. Protein ikan sangat berguna untuk pertumbuhan badan, mempertahankan dan memelihara kesehatan tubuh, serta mencerdaskan otak,” paparnya.

Komandan Kodim 0810 Nganjuk, Letkol Arh Sri Rusyono sengaja menjadi pelopor gemar makan ikan bagi anak-anak usia dini guna mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, sehat jasmani dan rohani.

“Gemar makan ikan harus digalakkan sejak dini pada anak-anak kita, agar tumbuh sehat dan cerdas. Karena kandungan gizi pada ikan cukup tinggi untuk membantu pertumbuhan anak,” tukasnya.

Sekadar informasi, acara sosialisasi Gemarikan ditandai dengan pelepasan balon, dilanjutkan dengan kuis, lomba mewarna, menyanyi bersama lagu-lagu bertema ikan, dan diakhiri makan ikan bersama.

Reporter: Sukadi

Editor: Nidya Pratiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *