Budaya Entertainment Wisata

Pu Sindok Gantikan Nama Gedung Balai Budaya

Sebagai Pusat Seni dan Budaya Nganjuk

NGANJUK – ANJUKZONE – Tidak lama lagi Gedung Balai Budaya Nganjuk akan menjadi pusat kesenian dan budaya bagi warga Kabupaten Nganjuk. Gedung yang sebelumnya ditempati sebagai Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten itu, kini berubah nama menjadi Gedung Pu Sindok. Ini menyusul terbentuknya Komite Seni dan Budaya (KSBN) Nganjuk yang bakal dilantik tanggal 29 April 2018 mendatang oleh Ketua Umum KSBN Pusat, Hendardji Supanji.

Dr. Bambang Eko Suharto (BES), calon Ketua Umum KSBN Nganjuk menyampaikan, struktur pengurus KSBN Nganjuk sudah terbentuk dan telah diusulkan ke tingkat pusat. Rencananya, akhir bulan ini, ketua umum KSBN Pusat yang melantik pengurus KSBN Nganjuk sekaligus peresmian Gedung Pu Sindok sebagai pusat kegiatan KSBN Nganjuk.

“KSBN berusaha mengembalikan fungsi Gedung Balai Budaya yang sekarang berubah menjadi Gedung Pu Sindok sebagi pusat kesenian dan budaya bagi warga Nganjuk,” terang BES, Jumat, 13 April 2018.

Sehingga bila sudah berjalan, lanjut BES, Gedung Pu Sindok akan selalu digunakan kegiatan kesenian dan budaya, disamping sebagai pusat sekretariat KSBN Nganjuk.

Disoal KSBN Nganjuk, BES menandaskan sebagai upaya meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui perlindungan, pengembangan, pemanfatan, dan pembinaan kebudayaan di Kabupaten Nganjuk.

Setelah dilantik, selanjutnya berupaya menjaga keberlanjutan kebudayaan yang dilakukan dengan inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, penyelamatan, dan publikasi.

“Termasuk, berupaya menghidupkan ekosistem kebudayaan serta meningkatkan, memperkaya, dan menyebarluaskan kebudayaan,” tukasnya.

Sementara, nama Pu Sindok yang melekat pada Gedung Balai Budaya sebagai bentuk apresiasi terhadap seorang tokoh yang pernah berjasa terhadap cikal-bakal nama Bumi Anjukladang yang kini berubah menjada nama Kabupaten Nganjuk.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar Nurrohmah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *