Berita Utama Budaya Entertainment Lintas Daerah News Wisata

Alegoris HUT Nganjuk ke 1081 Arak Dua Pusaka Handalan

NGANJUK – ANJUKZONE – Memperingati hari jadi kabupaten Nganjuk yang ke-1081, Pemkab Nganjuk menggelar alegoris dari Alun-alun Berbek menuju Pendapa Kabupaten Nganjuk, Senin pagi, 09 April 2018. Alegoris dibuka oleh Plt Bupati Nganjuk KH. Abdul Wachid Badrus, diikuti oleh Forpimda, sejumlah pejabat, Kepala sekolah, serta sejumlah komunitas. Mereka berangkat dari Alun-alun Berbek dengan menaiki kereta kencana, dokar, becak hias, serta sepeda onthel. Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, prosesi alegoris menempuh jarak sekitar 10 kilometer, menyusuri jalan protokol. Selain pawai alegoris, juga diarak dua pusaka handalan Pemkab Nganjuk, Songsong Tunggul Naga dan Kyai Jurang Penatas.

Sementara, di depan Pendapa kabupaten Nganjuk sudah siap, sejumlah atraksi menarik, seperti tarian Swatanra Anjukladang, seni reog, dan arak-arak tumpeng raksasa. Ketika pawai alegoris tiba di depan pendapa, dua tumpeng raksasa diperubutkan oleh masyarakat yang menyaksikan jalannya pawai alegoris.

Sedangkan, Plt. Bupati Nganjuk sama peserta alegoris yang lain langsung menuju pendapa kabupaten untuk menyerahkan dua pusaka handalan tersebut. Lantas, kedua pusaka tersebut diletakkan pada tempatnya semula yang sudah disiapkan.

Plt. Bupati Nganjuk, KH abdul wakhid Badrus menyampaikan, peringatan HUT Nganjuk yang ke-1081 ini merupakan terakhir kali baginya untuk merayakan. Pasalnya, tidak lama lagi, plt. Bupati Nganjuk menggantikan Taufiquurahman yang kesandung dugaan kasus korupsi, akan mengakhiri jabatan pertengah April tahun ini.

“Kami mohon maaf bila menjabat selama dua periode, mendampingi Bupati Nganjuk belum bisa memenuhi harapan warga Nganjuk,” pesan Plt. Bupati Nganjuk menjelang mengakhiri jabatan sebagai orang nomor satu di Nganjuk.

Reporter :  Sukadi

Editorial : Yuniar Nurrohmah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *