Birokrasi News

Musrenbang Jalan Rusak Jadi Tema Sentra

Plt Bupati Minta 2018 Tuntas

NGANJUK – ANKJUZONE – Kondisi jalan rusak di sejumlah wilayah Kabupaten Nganjuk menjadi tema sentra dalam pembahasan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Nganjuk 2018.

Plt. Bupati Nganjuk Abdul Wachid Badrus menyampaikan, persoalan jalan rusak, yang disebabkan pembangunan infrastruktur jalan tol Trans-Jawa, Double Track Jalur Kereta Api, Jembatan Kertosono, waduk Semantok, dan lain-lain, untuk  dimasukkan dalam pembahasan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2019.

“Persoalan pembangunan infrastruktur jalan agar dibahas secara tuntas, jangan sepotong-potong,” ujar Plt. Bupati Nganjuk, saat membuka Musrenbang Kabupaten Nganjuk, di pendapa, Selasa, 20 Maret 2018.

Plt bupati yang akrab dipanggil Gus Wachid itu juga menyinggung anggaran untuk pembangunan proyek jalan, baik jalan antar provinsi atau kabupaten maupun jalan-jalan desa, harus jelas kavlingnya, termasuk biaya perawatannya. Sehingga, masyarakat tidak menuduh pemerintah telah membiarkan kondisi jalan yang rusak.

“Untuk menghindari saling tunjuk siapa yang bertanggungjawab dengan kondisi jalan yang rusak tersebut,” tegas Plt bupati di hadapan Kabid Ekonomi Bappeda Jawa Timur, Arif Tri Harjoko,  Bakorwil Pemerintahan dan Pembangunan Bojonegoro, Forkopimda Nganjuk, Kepala OPD Kepala Bappeda Jombang, Kediri, Madiun dan Bojonegoro, serta tokoh agama/masyarakat, ketua LSM dan lain-lain.

Gus Wachid juga menyoal warga terdampak bagi warga Desa Sambikerep dan Desa Tritik Kecamatan Rejoso, terkait proyek Bendungan Semantok. Pemerintah segera mengusahakan pengadaan lahan pengganti untuk merelokasi warga terdampak.

“Tahun 2018 ini diharap sudah tuntas,” ujarnya

Selain usulan Plt Bupati Nganjuk, tiap perwakilan dari 20 kecamatan juga menyampaikan hasil musrenbangcam masing-masing.

Terpisah Kabag Humas Pemkab Nganjuk Agus Arianto menyampaikan, Musrenbang tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan dari stakeholders guna menyempurnakan Rancangan RKPD Tahun 2019. Sehingga setelah para perwakilan dari tiap kecamatan menyampaikan hasil musrenbangcam-nya, dilakukan diskusi kelompok. Yakni kelompok pertama membahas bidang pekerjaan umum, perhubungan, dan lingkungan hidup. Kelompok kedua membahas bidang sosial ekonomi, serta kelompok ketiga membahas bidang pemerintahan.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *