Berita Edukasi Nasional

Hadapi Bonus Demografi, Pemerintah Siapkan Kualitas SDM

Suryo Alam Hibahkan TBM/PKBM Nganjuk 8 Ribu Buku

NGANJUK – ANJUKZONE – Indonesia diprediksi bakal menerima bonus demografi di tahun 2020 – 2030, dimana beberapa tahun ke depan usia produktif bangsa Indonesia melonjak tinggi, sehingga membuat tingkat produktifitas bangsa ini ikut melonjak. Karena penduduk umur produktif sangat besar, sementara usia muda semakin kecil, serta usia lanjut belum banyak.

Anggota DPR RI dari Komisi X, HM Suryo Alam menyebut, bila pemerintah tidak secepatnya mempersiapkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dimungkinkan akan tergilas oleh perkembangan jaman dan semakin tertinggal jauh dari bangsa lain.

Perpustakaan daerah Nganjuk terima hibah mobil keling (foto-sukadi)

“Kalau tidak segera kita persiapkan, justru nanti menjadi beban pemerintah,” ujar wakil rakyat Fraksi Golkar Dapil VIII Jawa Timur.

Dimisalkan, rasio minat membaca dan menulis bangsa Indonesia sangat rendah dibanding bangsa-bangsa di dunia. Suryo Alam mencatat, dari 61 negara di dunia, Indonesia menempati urutan 60 tingkat minat baca dan menulis. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sangat tertinggal jauh dari bangsa-bangsa lain. Padahal kebutuhan perbukuan sebagai sumber ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan.

“Berdasarkan hasil penelitian, di Indonesia kebutuhan buku per kapita terbilang masih juga sangat rendah. Untuk 1 buku diperebutkan oleh sekitar 15 ribu pembaca. Padahal, idealnya 1 orang sedikitnya membaca 7 buku,” terang anggota DPR RI yang membidangi urusan pendidikan, kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga, perpustakaan nasional, serta ekonomi kreatif ini.

Untuk itu, menyikapi bonus demografi ke depan, anggota DPR bersama pemerintah mendukung sepenuhnya, perpustakaan sebagai pusat perbukuan hingga ke tingkat pelosok daerah. Bahkan yang semula, perpustakaan ditangani sebuah kantor, tahun mendatang sudah berupa Dinas Perpustakaan dengan fasilitas yang lebih lengkap dan tenaga pustakawan profesional. Serta, bakal banyak anggaran yang digelontorkan ke daerah untuk meningkatkan kualitas perpustakaan.

Amnggota DPR RI Komisi X Suryo Alama kunjungi Perpustakaan Daerah Nganjuk (foto-sukadi)

“Ini sedang kami bahas di tingkat DPR, yang dulunya berupa kantor, tahun depan sudah berganti Dinas Perpustakaan, agar tingkat literasi secara nasional meningkat,” tegasnya.

Seperti dijalankan tahun ini, DPR bersama pemerintah mempersiapkan distribusi buku untuk 60 juta jiwa. Termasuk, koleksi buku yang dibagi-bagikan oleh Suryo Alam ke sejumlah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di daerah pemilihan (Dapil) VIII Jawa Timur. Diantaranya 13 TBM atau PKBM di Nganjuk menerima hibah 8 ribu eksemplar dari 250 judul buku.

Selain menghibahkan buku, Suryo Alam juga menghibahkan satu unit mobil perpustakaan keliling untuk Perpustakaan Daerah Kabupaten Nganjuk. Mobil tersebut akan digunakan untuk mendistribusikan koleksi buku sampai ke tingkat desa yang ada di kabupaten Nganjuk.

“Dengan mobil keliling ini untuk menjangkau kebutuhan buku masyarakat,” katanya.

Reporter : Sukadi

Editor : Yuniar Nurrohmah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *