Lintas Daerah News Politik

Tiga Paslon Siap Adu Mulut di Debat Terbuka

KPU Sisipkan Materi Korupsi, Kependudukan, dan Narkoba

NGANJUK – ANJUKZONE – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nganjuk segera menjadwalkan debat terbuka bagi tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Nganjuk 2018. Debat pertama dijadwalkan tanggal 24 Maret 2018 bertempat di Gedung Juang ’45 Nganjuk.

Ketua KPUD Nganjuk, Agus Rahman Hakim mengatakan, masing-masing pasangan calon akan berhadapan satu sama lainnya, dalam debat terbuka dengan dipandu oleh seorang host. Adapun materi debat berkaitan dengan visi dan misi paslon dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten dengan nasional, dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Materi tersebut kami ratakan untuk tiga kali debat terbuka, ditambah materi lain yang bersifat spesifik dari internal KPU, BKKBN, dan BNN,” terang Agus ditemui di ruang kerjanya.

Selain materi tersebut, lanjut Agus, perlu dimasukkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga sebagai materi debat.

KPU juga bisa memasukkan materi debat yang bersifat spesifik, pada masing-masing tema, antara lain tentang pemberantasan korupsi, narkoba, tenaga kerja, pendidikan, teknologi informasi, lingkungan hidup, diasabilitas, serta peranan perempuan.

“Untuk jadwal debat perdana, KPU hanya mengambil dua poin, yaitu masalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah ditambah materi spesifik yang lain,” tegasnya.

Selain pertanyaan yang dilontarkan oleh pemandu acara, juga terdapat sesi tanya jawab antar paslon. Mereka saling melontarkan pertanyaan dan dijawab langsung.

“Pemandu acara nanti tidak boleh mengomentari jawaban dari masing-masing paslon, tapi boleh melontarkan pertanyaan,” katanya.

Hanya, jadwal debat terbuka selanjutnya, KPU belum bisa memastikan hari dan tanggalnya. Dipastikan, KPU hanya menjadwalkan tiga kali debat terbuka, dilaksanakan pada bulan Maret, April, dan Mei.

Penulis : Sukadi

Editor : Yanuar Nurrohmah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *