Lintas Daerah News Regional

Langganan Longsor Ngetos Total Tutup Jalan Desa  

NGANJUK – ANJUKZONE – Bencana alam tanah longsor yang terjadi di Desa Kepel, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menyebabkan akses jalan di desa sempat tertutup total.

Arief Trio Efendi, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Nganjuk menyampaikan, longsor yang terjadi di  tebing milik Saikun setinggi 15 meter dan lebar sekitar 5 meter tersebut akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Ngetos, Senin sore, 05 Maret 2018 kemarin. Akibatnya, longsoran tebing membawa material tanah dan bebatuan hingga menutup badan jalan. Selain itu, longsoran juga menerjang bangunan irigasi sepanjang 7 meter dan ikut terbawa longsor.

Setelah hujan reda, warga dibantu relawan Tagana Nganjuk dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk, serta warga setempat melakukan gotong-royong, menyingkirkan material yang sempat menutup badan jalan agar bisa dilewati.

“Kejadian longsor itu terjadi karena intensitas hujan tinggi berjam-jam, sehingga mengakibatkan tanggul sungai jebol, yang menyebabkan terjadinya longsor dan menutup badan jalan,” terang Aries di lokasi longsor.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, longsor sempat menutup akses jalan Dusun Jatitunggal dan Dlopo Desa Kepel, sehingga warga yang biasa melewati jalur itu harus putar balik sejauh sekitar 5 kilometer.”Karena seluruh badan jalan tertutup material longsor, sehingga tidak bisa dilewati dan harus disingkirkan dulu,” ujar Aries. (sukadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *