Lintas Daerah News Regional

Jalan Rejoso Ambrol Ngetos Kembali Longsor

NGANJUK – ANJUKZONE – Hujan deras yang mengguyur kawasan Nganjuk selama tiga jam, mulai pukul 13.30 WIB hingga 16.30 WIB, Senin sore, 5 Maret 2018, menyebabkan bencana di dua lokasi berbeda.

Pertama, kondisi badan jalan aspal abrol sepanjang 10 meter dan lebar 5 meter, di Dusun Sambong, Desa Ngangkatan, Kecamatan Rejoso.

Bati Komsos Koramil 0810/15 Rejoso Serka Juki mengatakan, pasca hujan deras selama sekitar tiga jam, membuat air Sungai di Dusun Sambong, Desa Ngangkatan, Kecamatan Rejoso meluap hingga ke badan jalan.

“Karena terus digerus air, badan jalan kabupaten di daerah aliran sungai (DAS) Desa Ngangkatan, Rejoso, amblas ke sungai,” terang Serka Juki.

Jalur ini menghubungan Desa Ngangkatan, Kecamatan Rejoso, dengan Desa Wengkal dan Desa Jintel, Rejoso.

Menurut Serka Juki, peristiwanya terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.

Babinsa dan Bati Komsos mengecek di lokasi, membantu polisi memasang garis polisi dan tanda bahaya darurat.

Longsor di Dlopo Ngetos Timbun Saluran Irigasi

Sementara itu, pada pukul 17.15 WIB, tebing di Dukuh Jatitunggal, Dusun Dlopo, Desa Kepel, Kecamatan Ngetos, mengalaami longsor setinggi 15 meter, dengan lebar sekitar 5 meter.
Material longsor antara lain menggerus lahan milik Saikun, mantan Sekdes Kepal dan memutuskan saluran irigasi sepanjang 5-7 meter.

Yasir, warga Dusun Dlopo, Desa Kepel mengatakan, peristiwa longsor didahului hujan deras sejak
pukul 14.00 WIB, disertai petir, sampai pukul 17.00 WIB.

Khoirul Anam, warga setempat yang kebetulan melintas lokasi longsor mengatakan, sekitar pkl. 17.15 WIB tebing tiba-tiba longsor dan menutup jalan penghubung Dukuh Jatitunggal menuju Dusun Dlopo, Desa Kepel. “Tidak bisa dilewati kendaraan, mobil atau motor,” ujarnya.

Kondisi di sekitar lokasi sampai malam hari terus dijaga, karena dinilai sangat berbahaya dan sewaktu-waktu bisa terjadi longsor susulan.

Babinsa bersama aparat desa dan warga mendatangi lokasi. Rencananya, pada Selasa pagi 6 Maret 2018 akan dilakukan kerja bakti di lokasi longsor. (sukadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *