Budaya Entertainment News

Barongsai dan Liang Liong Meriahkan Cap Go Meh

NGANJUK – ANJUKZONE – Setahun sekali, Komunitas Generasi Muda Anjukladang menggelar atraksi Barongsai dan Liang Liong di Klenteng Po San Sie, Desa Kudu, Kecamatan Kertosono. Atraksi yang dikirap keliling desa tersebut dipertontonkan untuk warga dalam rangka memperingati perayaan hari besar agama Kong Hu Chu, 15 hari setelah peringatan hari raya Imlek, yakni perayaan Cap Go Meh.

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta dalam sambutan pemberangkatan kirab menyampaikan, kirab atraksi Barongsai dan Liang Liong tersebut dapat menjalin kerukunan antar umat beragama. Orang nomor satu di jajaran Polres Nganjuk itu mengapresiasi pertunjukkan kesenian asal negeri China tersebut. “Ini baru pertama kali sejak saya menjabat kapolres Nganjuk, seni Barongsai dan Liang Liong ternyata berkembang dengan baik, dan dapat diterima masyarakat,” ujar kapolres, Senin, 05 Maret 2018.

Perayaan Cap Go Meh itupun disambut antusias oleh warga Kertosono dan sekitarnya. Pemandangan menakjubkan terlihat ketika peserta Barongsai berkeliling sejauh 4,5 kilometer sembari memamerkan aksinya. Tak heran ribuan warga memadati sepanjang jalan yang dilalui peserta Barongsai dan Liang Liong.

Selama kirab, beberapa warga yang berada di sepanjang jalan turut memeriahkan perayaan Cap Go Meh, dengan menggelantungkan angpao agar diambil sendiri oleh pemain Barongsai.

Menariknya, pengambilan angpao tidak dilakukan sembarangan, melainkan dengan berbagai atraksi menarik, sehingga menggundang sorak-sorai dari penonton.

Sugondo, salah satu warga klentheng menuturkan, peringatan Cap Go Meh diartikan sebagai 15 malam setelah peringatan Imlek.

“Kita memperingati Cap Go Meh Pada tanggal 15 malam dengan harapan, agar rejeki kita dilancarkan oleh Yang Maha Kuasa,” terang Sugondo.

Hanya, peringatan Cap Go Meh kali tidak dirayakan malam hari, pasalnya mereka kawatir terjadi hujan, sehingga menghalangi perayaan. (sukadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *