Edukasi Prestasi

Pelajar SMA Adu Kecerdasan Olimpiade Sains

NGANJUK – ANJUKZONE – Sedikitnya 552 pelajar jenjang SMA se Kabupaten Nganjuk mengikuti lomba Olimpiade Sains Kabupaten (OSK), Selasa, 27 Februari 2018. Jenis lomba beradu kecerdasan ini melombakan berbagai bidang, yaitu Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Geografi, Ekonomi, serta Matematika. Sedangkan pelaksanaan lomba yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 Nganjuk. Peserta yang menjadi juara, akan mengikuti jenis lomba yang sama di tingkat provinsi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Cabang Nganjuk  Provinsi Jawa Timur, Adi Prayitno menyampaikan, lomba olimpiade sains sesungguhnya merupakan upaya untuk mempersiapkan generasi muda dalam menyongsong era globalisasi termasuk diantaranya persiapan kalangan generasi muda untuk menyongsong era global.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Cabang Nganjuk Provinsi Jawa Timur, Adi Prayitno melepas balon sebagai tanda dimulainya lomba OSK (foto-sukadi)

“Kami berharap mereka yang terpilih menjadi duta Nganjuk akan mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi, bila perlu bersaing di tinggkat regional hingga internasional,” tandas Adi Prayitno.

Sesungguhnya lanjut Adi Prayitno, potensi yang dimiliki generasi muda di Kabupaten Nganjuk sangat besar untuk berbagai bidang. Namun demikian, sering mereka dihadapkan pada momentum yang pas atau kesempatan yang tersedia. Untuk itu, Adi Prayitno mengajak para peserta untuk menggunakan momentum pelaksanaan lomba OSN tingkat Kabupaten ini sebagai sarana untuk mengembangkan potensi.

Olimpiade sains juga menjadi variabel untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, selain ketangguhan akhlak juga diperlukan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi. Karena penguasaan Iptek ini sangat diperlukan terutama bagi generasi muda termasuk siswa/siswi SMA sebagai bekal menghadapai persaingan global yang semakin ketat. (sukadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *