Berita Edukasi News

Diguyur Hujan Lebat, Gedung SDN Wilangan 1 Ambruk

NGANJUK – ANJUKZONE – Setelah diguyur hujan lebat, bangunan atap ruang guru SDN Ngudikan 1, Kecamatan Wilangan ambruk. Diduga, atap bangunan tersebut sudah lapuk termakan usia, sehingga tidak kuat menyangga beban di atasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa bersamaan atap ruang guru yang ambruk saat itu, karena kejadian terjadi malam hari, sekitar pukul 21.00 WIB. Namun, sejumlah barang yang ada di ruang guru tersebut ikut rusak parah akibat tertimpa reruntuhan atap bangunan.

Pagi harinya, setelah kejadian, warga sekitar sekolah dibantu guru, serta siswa membersihkan puing-puing yang berserakan. Selain itu, warga juga membantu memindahkan berkas-berkas yang ada dalam lemari, yang turut hancur tertimpa material atap.

Sebenarnya, jauh hari sebelum kejadian, Sarto, salah satu guru SDN Ngudikan 1, Kecamatan Wilangan, melalui kepala sekolah, sudah berkali-kali mengajukan perbaikan gedung sekolah ke Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk.

“Kepala sekolah sedah pernah mencoba mengajukan perbaikan gedung ke dinas, melalui UPTD kecamatan Wilangan, tapi belum ada tanggapan,” keluh Sarto.

Menurut Sarto, kondisi bangunan sudah sangat mengkhawatirkan, karena sebagian bangunan yang dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 20017itu  sudah terlihat rusak dan lapuk.

Mendapat laporan, ada salah satu gedung sekolah dasar ambruk, Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Handi Junaidi, langsung meninjau ke lokasi kejadian.

Untuk sementara, yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan barang-barang yang ada di dalam ruang guru ke tempat yang lebih aman.

“Yang bisa kami lakukan hanya menyingkirkan barang-barang dalam ruangan agar tidak bertambah rusak,” terang Handi saat berkunjung ke lokasi kejadian.

Akibat dari kejadian tersebut, sejumlah barang milik sekolah rusak, ruang guru tidak bisa digunakan untuk beraktifitas, ditaksir kerugian mencapai Rp 100 juta. Meski tidak sampai menghambat proses belajar mengajar, pihak sekolah berharap kepada dinas pendidikan untuk segera memperbaiki bagian atap yang ambruk. (sukadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *