Nasional News

KPK Tetapkan Tiga Tersangka Dugaan Suap Anggota DPRD Lampung Tengah

“Resmi Berstatus Tersangka, Bupati Lampung Tengah Mustafa Ditahan KPK”

JAKARTA – ANJUKZONE – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tiga orang tersangka dalam dugaan suap terhadap Anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah terkait persetujuan pinjaman daerah untuk APBD Kabupaten Lampung Tengah TA 2018.

Penetapan tersangka ini dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan dan gelar perkara yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari peristiwa tangkap tangan yang terjadi pada Rabu, 14 Februari 2018 di 3 lokasi berbeda di Jakarta, Bandar Lampung dan Lampung Tengah. Penyidik KPK menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan TR (Kepala Dinas Bina marga Kabupaten Lampung Tengah), JNS (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah), dan RUS (Anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah) sebagai tersangka.

Tersangka JNS selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah bersama-sama RUS selaku Anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah diduga menerima hadiah atau janji dari TR selaku Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah terkait persetujuan pinjaman daerah untuk APBD Kabupaten Lampung Tengah TA 2018.

Atas perbuatannya, JNS disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP

Sedangkan, TR diduga sebagai pemberi disangkakan melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sebelumnya, KPK mengamankan total 20 orang pada Rabu hingga Kamis, 14-15 Februari 2018 di Jakarta, Bandar Lampung dan Lampung Tengah. Pada Rabu (14/2) antara pukul 14.00 hingga pukul 22.00, tim mengamankan total 18 orang, 10 orang di antaranya diamankan di Bandar Lampung dan Lampung Tengah. Tim juga mengamankan uang senilai total Rp1.160.000.000. Sedangkan di Jakarta, tim mengamankan 8 orang di dua hotel berbeda di daerah Jakarta Pusat. Hari Kamis (15/2), tim mengamankan dua orang lagi di Bandar Udara Raden Inten Bandar Lampung.

Seperti dilansir oleh Rancah Post Lampung, sebelumnya, beredar kabar kalau Bupati Lampung Tengah Mustafa terlibat dalam dugaan kasus suap yang melibatkan anggota DPRD Lampung Tengah.

Tapi hal itu dibantah langsung oleh Mustafa. Bahkan, Mustafa terlihat hadir dalam Apel Simulasi Sistem Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Lapangan Enggal Korem 043/Gatam pada Kamis lalu.

Adapun berdasarkan penelusuran, Bupati Mustafa ternyata sudah ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi pada Jumat (16/2/2018) pagi tadi.

Penahanan tersebut menyusul status tersangka Bupati Lampung Tengah Mustafa dalam kasus dugaan suap persetujuan DPRD soal pinjaman daerah untuk APBD Lampung Tengah 2018.

Diutarakan Jurubicara KPK, Febri Diansyah, Mustafa ditahan untuk 20 hari pertama demi kepentingan penyidikan.

“Yang bersangkutan kami tahan di Rutan KPK,” ucap Febri.

Bupati Lampung Tengah ditahan KPK dibenarkan pula Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan.

“Sudah kami tetapkan sebagai tersangka bersama dengan orang yang kemarin,” kata Basaria.

Orang-orang tersebut adalah Kepala Dinas Bina Marga Lampung Tengah Taufik Rahman, Wakil Ketua DPRD Lampung Tengah J Natalis Sinaga, dan Anggota DPRD Lampung Tengah Rusliyanto.

Dugaan KPK, Bupati Lampung Tengah Mustafa mengarahkan anak buahnya mengumpulkan uang Rp1 miliar, Rp900 juta berasal dari kontraktor dan Rp100 juta dari Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.

Uang tersebut nantinya akan diserahkan kepada anggota DPRD Lampung Tengah supaya mendapat persetujuan untuk pinjaman daerah sebesar Rp300 miliar kepada PT SMI.

Bupati Lampung Tengah Mustafa diketahui merupakan calon Gubernur Lampung dalam Pilkada 2018 yang diusung sejumlah partai seperti Hanura, PKS, dan NasDem.

Dengan kasus yang menjerat, ia hanya bisa pasrah dan berharap ada hikmah di balik kasusnya tersebut.(*)

Sumber:http://kpk-om-system.kpk.go.id/id/berita/siaran-pers/4160-kpk-tetapkan-3-tersangka-dugaan-suap-anggota-dprd-lampung-tengah. https://www.rancahpost.co.id/201802102594/resmi-berstatus-tersangka-bupati-lampung-tengah-mustafa-ditahan-kpk/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *