carfreeday
Lintas Daerah News

Alun-alun Nganjuk Tak Lagi Bebas Asap

“Kendaraan bermotor bebas keluar masuk area car freeday”

NGANJUK – ANJUKZONE – Car freeday di seputaran Alun-alun Nganjuk kini tidak lagi bebas asap. Lebih tepatnya menyerupai pasar dadakan atau kawasan pedagang kaki lima. Kendaraan bermotor mulai bebas berkeliaran di seputaran Alun-alun Nganjuk, serta dipenuhi para pedagang kaki lima dan lokasi promosi sebuah produk.

Car freeday yang semula dibuka bagi warga Nganjuk untuk kegiatan kebugaran seperti senam, pejalan kaki, tempat bermain anak-anak, serta kreativitas muda-muda karena udaranya yang segar dan bersih bebas dari polusi udara, kini sudah mulai tercemar. Kendaraan bermotor mulai banyak berkeliaran, masuk areal alun-alun.

Bukan hanya asap knalpot kendaraan, asap dari kompor gas LPG para pedagang kaki lima juga menyebabkan udara tidak lagi bersih.

Awalnya, alun-alun hanya dikhususkan bagi kendaraan tidak bermesin dan pejalan kaki. Kendati demikian belum ada tindakan dari pihak terkait untuk menertibkan kendaraan bermotor dan para pedagang kaki lima yang menggunakan gas LPG menjauh dari areal car freeday.

Tak heran, udara pagi yang seharusnya bersih dan segar, menjadi pengap oleh asap. Dampaknya, Alun-alun Nganjuk kian ditinggalkan oleh pengunjungnya. Tidak tampak kreativitas muda-muda memanfaatkan seputaran alun-alun untuk berkreasi, seperti menyanyi, menari, atraksi, pameran binatang unik, yang dulu pernah  menempati tepian jalan.

Kapan ya…, pemerintah daerah dan aparat kepolisian kembali menertibkan kendaraan bermotor yang nekat menerobos alun-alun, serta para pedagang kali lima agar menjauh dari areal car freeday, untuk menciptakan udara yang bersih dan segar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *